Resep Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri Enak Khas Bandung

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Siomay Ikan Tenggiri - Saat ini di Indonesia telah banyak sekali resep siomay yang awalnya menggunakan babi sebagai dagingnya dan sekarang Alhamdulillah bahan daging yang digunakan sudah halal seperti daging ikan laut, daging ayam, daging udang, serta daging sapi. Hal ini memang dilaksanakan karena sebagian besar penduduk wilayah Indonesia ini mayoritas beragama muslim. Lain daripada itu adonan untuk siomay'nya pun juga dibuat lagi bungkusnya menggunakan kulit pangsit sehingga bisa lebih praktis disajikan dipiring serta disiram menggunakan sambal kacang.

Sambal kacanglah yang dipilih sebagai pendampingnya, serta ditambahkan dengan kecap dan saus sambal supaya siomay rasanya menjadi mantap. Nah, Di Jawa Barat siomay biasa disebut dengan baso tahu. Untuk Anda yang mencoba mencicipi bagaimana rasa siomay ikan tenggiri ini Anda bisa membuatnya sendiri ya, akan saya bagikan resep siomay ikan tenggiri mulai dari bahan hingga cara membuatnya dengan lengkap. Ok, berikut resepnya semoga bisa mengikuti.

Resep Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri Enak Khas Bandung






Bahan - bahan :
  • 1/2 kilogram Ikan tenggiri (dihaluskan)
  • 400 gram Tepung terigu
  • 3 buah Daun bawang polong (diiris halus)Gula pasir secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 4 siung Bawang putih (dihaluskan)
  • Garam secukupnya
  • 250 gram Tepung kanji
  • Air sesuai kebutuhan
  • Kulit pangsit secukupnya

Cara Membuat :
  1. Pertama, silahkan campurkan seluruh bahan utama ke dalam sebuah wadah atau mangkuk berukuran agak besar.
  2. Setelah itu masukkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya ke dalam mangkuk tersebut, aduk – aduk semua bahan hingga tercampur merata dan usahakan adonan yang dibuat tidak lengket.
  3. Tahap berikutnya ambil satu lembar kulit pangsit, letakkan adonan yang sudah dibuat sebelumnya di atas kulit pangsit tersebut secukupnya saja.
  4. Lalu bungkus adonan dengan cara melipat ujung – ujung kulit pangsit dan rekatkan dengan bantuan air agar menempel.
  5. Selanjutnya siapkan panci kukusan, lalu masukkan semua bungkusan siomay ke dalam panci kukusan dan tutup rapat panci.
  6. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga bungkusan siomay matang dan selama proses pengukusan janganlah membuka tutup panci agar suhunya tetap terjaga.
  7. Sembari meunggu matang, siapkan piring saji atau mangkuk, letakkan telur, kol, dan kentang dalam piring tersebut.
  8. Setelah siomay ikan matang, angkat dan keluarkan dari dalam panci kukusan.
  9. Letakkan siomay ikan di atas piring saji, siram dengan sambal kacang dan disusul dengan mengucuri kecap manis di atasnya, tambahkan pula sedikit perasan air jeruk limau.
  10. Siomay ikan tenggiri sudah siap untuk disajikan.
Nah, begitulah cara membuat siomay ikan tenggiri. Saya yakin anda dapat mengikuti dan rasanya pun akan lezat seperti yang saya masak. Semoga bermanfaat dan Terimakasih..
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri Enak Khas Bandung"

Post a Comment