Cara membuat Abon Ayam spesial

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara membuat Abon Ayam spesial
Cara membuat Abon Ayam spesial
Cara membuat Abon Ayam spesial - Mengolah daging ayam menjadi goreng tepung, Fillet Ayam, maupun tumis ataupun Rica rica pasti sudah sering Bunda dan Sista lakukan ya. Nah pada kesempatan sore hari ini saya ingin mencoba Resep cara membuat Abon Ayam spesial hasil eksperimen teman sekantor saya, Mila. 

Dia menjelaskannya cukup rinci melalui Whatsapp tempo hari, Tentu saya tak mau ketinggalan juga dong, alhasil sayapun menyempatkan untuk mencoba membuat Abon Ayam spesial ini, dan berikut saya  paparkan cara membuatnya:

Bahan Yang Perlu disiapkan:

  •  Daging ayam sebanyak 1.500 gram.
  •  Kaldu ayam bubuk sebanyak 3 sendok makan.
  •  Minyak untuk menggoreng dan menumis bumbu. Secukupnya.
  •  Santan kental dari ½ kelapa tua sebanyak 100 mililiter.
  •  Bawang merah sebanyak 1000 gram. Kupas kulitnya dan iris tipis.
 Siapkan Bumbu halus berikut:
  •  Bawang putih sebanyak 150 gram.
  •  Cabe rawit hijau sebanyak 11 buah.
  •  Garam sebanyak 1 sendok teh.
  •  Terasi sebanyak ½ sendok teh.
  •  Cabe merah sebanyak 150 gram.


Cara membuatnya adalah sebagai berikut:


Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan telah siap, ikuti langkah berikut:

Rebus daging ayam yang telah dibersihkan dengan tambahan garam sebanyak 1 sendok teh di dalam air sebanyak 1000 mililiter. Panaskan hingga daging menjadi lunak dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, buang kulit ayam. 

Panaskan minyak untuk menumis. Kemudian masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga bumbu menjadi harum. Matikan api dan angkat bumbu. Simpan di wadah dan dinginkan
.
Langkah selanjutnya adalah menumbuk daging ayam yang telah direbus dengan menggunakan batu lumpang. Setelah itu,  suwir atau cabik ayam sampai dging ayam terpisah dalam ukuran setipis mungkin

Kemudian campurkan suwiran ayam tersebut dengan bawang merah dan juga bumbu halus yang telah ditumis. Tambahkan kaldu ayam bubuk, santan dan juga gula pasir. Aduk terus hingga merata sempurna.

Selanjutnya, panaskan minyak untuk menggoreng. Daging ayam yang telah bercampur dengan semua bumbu kemudian digoreng sedikit demi sedikit hingga matang dan garing. Angkat dan dinginkan. Tekan abon dengan kertas agar minyaknya terserap. Jika tekstur nya terlalu padat, bisa dibuat terpisah dengan menggunakan garpu. 

Demikian Cara membuat Abon Ayam spesial dari teman saya Mila, saya sudah mencobanya dan ternyata tidak terlalu Rumit, Bunda dan sista juga bisa ber eksperimen dengan Resep ini misalnya menambahkan campuran bumbu ataupun bubuk cabe halus sesuai selera. Selamat mencoba!

Jangan lupa bagikan Resep Cara membuat Abon Ayam spesial ini ke teman teman juga Yaa...


ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara membuat Abon Ayam spesial "

Post a Comment