Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat
Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat - Sewaktu saya pulang dari liburan di Jogja, saya sempatkan mampir ke beberapa Pusat oleh oleh, tentunya membelikan pesanan Oleh oleh teman teman dan keluarga saya. Nah di salah satu etalase pusat oleh oleh itu ada yang menarik perhatian saya, salah satunya adalah Abon Ikan.

Biasanya Abon terbuat dari daging sapi, namun Abon ikan ini ternyata terbuat dari Ikan tongkol yang biasa kita masak Tumis maupun goreng tepung sesuai selera. Nah rasa penasaran saya tidak berhenti sampai disitu, setibanya dirumah saya mulai Kepo tentang cara membuat Abon Ikan Nikmat dan Lezat. Akhirnya sayapun mulai ber eksperimen. eng ing engg....

Oya, sebelumnya  saya juga menyusun Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat ini mulai dari persiapan bahan dan Cara mengolahnya, Simak Yuuk...

Bahan :
  • 500 gram daging ikan tongkol yang masih Segar
  • 10 gram bawang putih
  •  75 gram bawang merah
  • 10 gram ketumbar 
  • 15 gram garam dapur
  • 5 gram laos
  • 10 gram jahe
  • 3 tangkai serh
  • 150 gram gula merah

Cara membuatnya :

Pertama, bersihkan ikan tongkol dan keluarkan limbah makanan di dalam perut ikan, serta buang juga kepalanya.

Kedua, kukus ikan tongkol hingga matang. Kemudian lanjut dengan mengambil daging dan menyingkirkan duri-durinya.

Ketiga, tumbuk atau ulek ikan hingga menjadi gepeng dan tidak rapi seperti sebelumnya.

Keempat, campurkan bumbu rempah dengan cara dihaluskan. Kemudian, masukkan dalam daging ikan tumbuk, aduk hingga rata.

Terakhir, goreng daging ikan tongkol plus bumbu dengan minyak, aduk terus hingga kering dan warnanya menjadi kuning kecokelatan atau agak kehitaman.

Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat ini belum sepenuhnya jadi loh, kita masih harus menggiling abon matang dengan mesin pengepres agar minyaknya keluar dan abon mengering. Setelah dipres, abon kering siap kita taburkan ke makanan yang menjadi menu santapan harian. Atau jika ingin diawetkan bisa juga kita masukkan toples dengan ditutup Rapat.

Selamat ber eksperimen, dan jangan lupa bagikan juga Resep ini Yaaa
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Abon Ikan Nikmat dan Lezat"

Post a Comment