Resep Membuat Kue Serabi Solo Lezat dan Mantap

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Kue Serabi Solo
Resep Membuat Kue Serabi Solo Lezat dan Mantap
Resep Kue Serabi Solo - Ngomong-ngomong soal jajanan serabi, pastinya bukan lagi hal baru dan aneh ditelinga anda. Namun pernahkah anda mencoba kenikmatan serabi khas kota solo? Serabi ini pastinya beda dengan serabi khas jawa barat, bentuknya yang tipis di pinggiran serabi dan juga tebal di tengah menjadi ciri khas dari serabi solo. Jajanan yang satu ini juga tidak menggunakan kuah dalam penyajiannya seperti gula merah kental. Rasa manis yang terdapat pada serabi solo sudah terasa dalam adonan tepung yang menjadi bahan utama dalam pembuatannya.

Jajanan tradisional ini umumnya dimasak diatas tungku bara menggunakan arang batok kelapa sebagai bahan bakarnya namun sekarang sudah ada yang mengolahnya menggunakan kompor gas karena dirasa lebih praktis tetapi rasanya sudah tentu pasti berbeda jika menggunakan tungku. Saat memasak serabi ini pastikan jangan sampai gosong karena akan merusak cita rasa kelezatan serabi solo ini.

Jika anda tidak bertempat tinggal di daerah solo dan sekitarnya, anda pun bisa mengolah jajanan tradisional ini di dapur kesayangan anda dengan tuntunan Resep Kue Serabi Solo seperti berikut ini.

Bahan yang di butuhkan dalam Membuat Kue Serabi Solo :
  • 60 gram gula pasir
  • 525 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 200 gram tepung beras
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • minyak untuk mengoles
  • 3 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Isi:
  • 20 gram meises cokelat
  • 5 buah nangka, dipotong kotak 1/2 cm

Bahan Areh:
  • 1/8 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara Membuat Kue Serabi Solo :
  1. Pertama rebus santan, daun pandan, dan garam terlebih dahulu. Rebus santan sambil anda aduk hingga mendidih. Dinginkan.
  2. Setelah dingin, tuang 100 ml rebusan santan tadi ke campuran tepung beras, ragi instan, dan gula pasir. Aduk – aduk rata.
  3. Keplok adonan sambil menambahkan sisa santan sedikit-sedikit. Pengeplokan di lakukan 20 menit. Diamkan 1 jam.
  4. Untuk Areh: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil di aduk sampai benar – benar kental. Sisihkan.
  5. Untuk cara membuatnya, panaskan wajan besi. Tuang adonan lalu tekan bagian tengahnya dengan bagian bawah sendok sayur sambil di gerakkan ke arah pinggir wajan agar adonan melebar. Setelah berbusa-busa, taburkan bahan isi.
  6. Tutup wajan. Biarkan sampai matang. Oleskan areh lalu angkat.

Tips Membuat Kue Serabi Solo :
  1. Untuk toping, anda bisa berkreasi sendiri dengan memasukkan bermacam-macam bahan toping. Seperti meisis, keju, potongan nangka, atau apapun sesuai selera anda.
  2. Sedangkan untuk penyajian kue serabi, bisa dengan cara di gulung ataupun dengan cara terbuka seperti biasa (lihat gambar di atas).
  3. Untuk pemilihan wajan juga harus benar. Jika bunda memiliki wajan tanah liat, itu lebih baik. Tetapi jika tidak punya boleh menggunakan wajan teflon anti lengket ataupun wajan besi biasa. Perhatikan dalam pengaturan api. Karena jika apinya besar sedikit saja bisa – bisa gosong.

Serabi solo cita rasa tradisional khas nusantara siap disajikan selagi hangat. Secangkir kopi panas atau teh hangat manis akan menambah kenikmatan saat menyantap serabi anda. Selamat Mencoba ya bun...

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Kue Serabi Solo Lezat dan Mantap"

Post a Comment