Resep Membuat Sambal Bajak Pedas Bikin Ketagihan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Sambal Bajak
Resep Membuat Sambal Bajak Pedas Bikin Ketagihan
Resep Sambal Bajak - Jika keluarga bunda penikmat pedas pastinya tidak akan melewatkan sajian pelengkap hidangan bunda sekeluarga dengan sambal pedas dan lalapan segar. Pasti ada yang kurang jika saat makan tanpa ada rasa pedas menantang di depan. Oleh sebab itu, sajian sambal pedas rupanya memberikan rasa dan nuansa nikmatnya makan disetiap momen santap hidangan. Seperti sambal yang satu ini yang akan menggugah kembali meriahnya makan bunda sekeluarga.

Adalah sambal bajak yang merupakan kombinasi antara cabe rawit dan cabe merah besar dengan tambahan bahan pelengkap seperti terasi dan bahan lainnya yang bisa menambah cita rasa pedas yang pas dilidah bagi penikmat selera pedas. Untuk menyajikannya sebagai hidangan pelengkap di meja makan bunda, siapkan beberapa bahan yang dibutuhkam dan ikuti proses pembuatannya lewat resep sambal bajak pedas seperti berikut ini.

Bahan-Bahan dalam Membuat Sambal Bajak:
  • 1 batang serai. Ambil bagian batang putihnya yang telah dikupas bagian kulit luarnya, kemudian memarkan.
  • 2 cm, lengkuas. Cuci dan bersihkan bagian kulitnya. Memarkan.
  • 2 buah tomat merah segar. Cuci hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil.
  • 2 lembar daun salam.
  • 1 sendok makan air asam jawa yang diambil dari asam jawa pekat sebanyak ½ sendok teh dan dilarutkan dengan air sebanyak 2 sendok makan.
  • 5 sendok makan minyak sayur untuk menumis, atau secukupnya.
  • ¼ sendok teh garam, atau secukupnya.
  • ¼ sendok teh gula merah yang disisir, atau secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 8 buah cabai merai keriting segar. Opsional, jika Anda ingin lebih pedas maka bisa menambahkan lebih banyak dan jika ingin rasa yang tidak terlalu pedas tinggal dikurangi saja. Cuci bersih terlebih dahulu.
  • 5 buah cabai rawit segar. Sama seperti cabai keriting, opsional. Bisa ditambah atau dikurangi jumlahnya. Cuci bersih sebelum digunakan.
  • 1 sendok teh terasi bakar. Opsional, jika tidak ingin atau tidak suka terasi, Anda bisa melewati bahan yang satu ini.

Cara Membuat Sambal Bajak:
  1. Siapkan dan panaskan wajan untuk menumis. Tuangkan minyak, setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Gunakan api sedang.
  2. Setelah bumbu halus yang ditumis tersebut mengeluarkan aromanya, masukkan segera lengkuas dan serai yang dimemarkan berikut daun salam dan gula merah sisirnya. Aduk-aduk dan tumis kembali hingga serai dan lengkuas terlihat layu.
  3. Selanjutnya, masukkan tomat. Aduk dan tumis kembali hingga tomat tersbeut layu.
  4. Tambahkan air asam jawa berikut garam. Cicipi apakah rasa yang Anda inginkan sudah pas atau belum. Pada tahap ini Anda bisa kembali menambahkan sisiran gula merahnya jika dirasa masih kurang. Sebaiknya, Anda tidak menambahkan penyedap rasa untuk hasil masakan yang lebih sehat.
  5. Setelah rasanya pas dan semua bahan matang, Anda bisa segera mengangkat dan menyajikannya dalam mangkuk saji.

Sambal bajak bisa juga dibuat dalam jumlah banyak untuk persediaan dikemudian hari dengan cara disimpan dalam wadah yang kedap udara dan disimpan di dalam kulkas serta hangatkan kembali saat akan disajikan. Namun demikian sambal bajak tidak bisa disimpan terlalu lama karena ada waktu kadaluarsanya.

Demikian resep cara pembuatan sambal bajak, semoga dapat membantu bunda dalam menyajikan pedasnya sambal bajak dalam menu pelengkap meja makan keluarga bunda. Selamat mencoba...

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Sambal Bajak Pedas Bikin Ketagihan"

Post a Comment