Resep Membuat Telur Gabus Renyah dan Gurih

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Telur Gabus
Resep Membuat Telur Gabus Renyah dan Gurih
Resep Telur Gabus -  Camilan yang satu ini merupakan salah satu jenis resep kue kering dengan citarasa yang khas indonesia banget yaitu gurih, asin dan renyah. Pembuatan kue yang didominasi rasa asin yang pas di mulut ini juga sangat lah mudah. Pada waktu lebaran atau pun hari besar lainnya, kue ini juga tak pernah absen atau bisa dikatakan selalu ada di atas meja untuk disajikan. Dengan bentuknya yang unik, yaitu kecil dan lonjong dirasa sangat pas jika masuk ke mulut dan bisa juga dinikmati saat santai bersama keluarga.

Banyak yang mengasumsikan bahwa membuat sebuah camilan dengan cita rasa gurih seperti telur gabus itu susah, ribet, dan terlalu sulit bagi para pemula atau yang belum terbiasa memasak. Tapi pandangan dan pola pikir yang seperti itu salah besar. Karena sebenarnya setelah kita mencoba membuatnya sendiri, proses pengolahannya tidaklah sesulit dengan apa yang dipikirkan.

Hal itu bisa ditanyakan langsung kepada mereka yang sudah pernah atau sering membuat kue telur gabus iya bunda, mereka tentu merasa ketagihan dan selalu ingin membuatnya. Apalagi dengan munculnya berita-berita di tv seperti sekarang ini tentang bahaya makanan di luaran sana yang menggunakan bahan-bahan berbahaya, makin membuat kita was-was jika ingin membeli makanan jadi untuk keluarga kita. Iya.. salah satu alternative jika suka jajanan yaitu dengan membuat camilan sendiri di rumah.

Nah.. untuk bahan-bahan dalam membuat telur gabus ini sangat mudah kita temui dan kita dapatkan di pasaran, seperti pasar tradisional, minimarket, supermarket bahkan toko-toko dekat rumah kita. Daripada makin ngiler membayangkan gurihnya si kue, langsung saja kita simak apa saja yang diperlukan yuk.

Bahan Untuk Membuat Telur Gabus :
  • 2 butir telur
  • 2 sendok teh margarin
  • 200 gram tepung sagu merek apa saja
  • 100 gram keju parut
  • 500 ml minyak goreng merek apa saja
  • 1 sendok teh garam. Atau sesuaikan dengan selera rasa asin bunda.

Waktu Untuk Membuatnya :
  • 10 menit untuk persiapan
  • 20 menit untuk memasak

Peralatan yang Diperlukan :
  • Wadah
  • timbangan

Cara Membuat Telur Gabus :
  1. Ambil wadah ukuran sedang untuk membuat adonan. Masukkan tepung sagu, dan garam dapur. Campur dan aduk kedua bahan keing menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  2. Masukkan dan kocok telur di tempat terpisah. Aduk sampai putih dan kuning telur tercampur rata.
  3. Masukkan telur sedikit demi sedikit ke dalam bahn kering tadi sambil diaduk menggunakan tangan atau biasa juga disebut uleni. Ulangi sampai telur habis dan adonan terasa kalis.
  4. Ambil adonan kue yang sudah jadi sedikit di atas telapak tangan. Gulung gulung sembari dibentuk adonan lonjong kecil panjang. Atau kita bisa membentuknya sesuai imajinasi dan kreasi kita sendiri. Ulangi proses tersebut sampai semua adonan terbentuk.
  5. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam minyak dingin sebentar.
  6. Panaskan wajan dan isi minyak.
  7. Setelah minyak di rasa cukup panas (api sedang), masukkan adonan Kue Gabus Keju ke dalam nya. Aduk pelan pelan untuk mengindari kue nya nanti jadi gosong.
  8. Setelah warna nya kuning, angkat dan tiriskan dulu sampai benar-benar kering. Tunggu sampai agak dingin sebelum dimasukkan ke toples hidangan.

Sedikit Tips Dalam Membuat Telur Gabus :
  1. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas.
  2. Usahakan saat membuat adonan kita benar-benar menggunakan tangan supaya hasil kuenya lebih maksimal
  3. Usahakan minyak di dalam wajan cukup banyak sehingga hasilnya nanti renyah dan matang sampai ke dalam.
  4. Ketika kita akan menggoreng, sebaiknya minyak yang kita gunakan tidak boleh langsung panas, karena jika panas nantinya gorengan akan memercik layaknya menggoreng ikan

Bagaimana bunda? Setelah kita tahu cara membuat telur gabus gurih ternyata cukup mudah dan tidak sesulit dengan apa yang kita pikirkan kan?. Selain itu untuk bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak dan mungkin sudah ada di dapur bunda :). Iya..  Selain kita bisa sedikit lebih menghemat pengeluaran, dengan membuat sendiri kita jadi tahu dengan kualitas bahan yang kita gunakan tanpa merasa was-was lagi. Selamat Mencoba...

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Telur Gabus Renyah dan Gurih"

Post a Comment