Resep Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Nikmat

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Sambal Pecel Lele
Resep Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Nikmat
Resep Sambal Pecel Lele - Di lingkungan masyarakat sekarang ini, menu pecel lele sudah tidak asing lagi. Menu ini bisa ditemui dimana saja baik di rumah makan tenda di pinggir jalan dan juga restoran. Masyarakat menyukai sajian yang berasal dari ikan berkumis ini selain karena harganya yang terjangkau, tapi juga memiliki cita rasa yang enak dan gurih setelah diolah. Lele juga tidak kalah kandungannya dengan ikan lainnya. Lele mengandung protein yang sangat baik. Setidaknya, terdapat 20% protein dalam lele berikut lemak tak jenuhnya yang berguna bagi metabolisme tubuh kita. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, lele bisa mendukung perkembangan otaknya dengan kandungan vitamin A, omega 3, dan omega 6. Karena lemak yang terdapat dalam lele juga merupakan lemak tak jenuh, maka ikan ini pun mampu mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut. Bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi, lele aman untuk dikonsumsi. Bagi orang yang sedang menjalani proses diet dan menghindari makanan berlemak tinggi, lele bisa jadi alternatif hidangan pengganti lauk baik daging ayam atau sapi. Kandungan lemaknya lebih rendah dari pada kedua jenis daging tersebut.

Pada umumnya lele diolah dengan cara digoreng kemudian disajikan sebagai pecel agar lebih nikmat rasanya. Yaitu, dengan menambahkan sambal pecel dan lalapan. Rasa gurih dari ikan yang dipadukan dengan sambal pedas dan segarnya lalapan akan menambah selera makan Anda. Untuk menemukan penjual pecel lele pada siang hari memang akan sedikit sulit. Biasanya, penjual pecel lele mulai berjualan ketika sore menjelang malam. Namun, jika bunda memiliki lele dirumah tentu tidak perlu khawatir karena bunda bisa menggorengnya untuk sajian makan siang keluarga. Bunda tinggal menyiapkan saja sambal pecelnya yang khas agar rasa pecel lele Anda terasa spesial enaknya, seperti yang biasa dijual. Berikut ini resep sambal pecel lele tersebut. Bahan dan cara membuat resep pedas sambal pecel lele mudah sekali dicari dan bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Bahan-bahan :
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah tomat merah ukuran sedang, pilih yang dagingnya tipis (tomat sayur)
  • 5 buah cabe besar merah segar
  • 1 sendok makan Gula merah
  • Garam dapur secukupnya
  • 21 buah cabe rawit
  • 2 butir kemiri atau 3 biji kacang mete
  • Terasi secukupnya (bila suka)
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Sambal Pecel Lele :
  1. Cuci bersih lalu goreng semua bahan seperti tomat, cabe besar, bawang merah / putih, kemiri dan cabe rawit serta terasi (gunakan api sedang). Pastikan minyak sudah panas saat semuanya dimasukkan. Angkat tiriskan
  2. Siapkan cobek, masukkan bahan yang sudah digoreng, tambahkan garam, gula merah dan penyedap rasa. Ulek agak kasar/ sesuai selera
  3. Atau agar lebih cepat dapat gunakan blender, tapi jangan terlalu halus
  4. Sambal pecel lele siap untuk disajikan

Setelah sambal selesai dibuat, lele goreng siap dihidangkan dengan sambal pecel lele dan lalapan segar yang sudah disediakan. Menikmati pecel lele akan sangat nikmat pada saat lele masih hangat dan baru saja digoreng. Jika lele sudah dingin, rasanya tak akan senikmat pada saat masih panas. Ada yang menyukai sambal yang pedas ada juga yang tidak, tergantung selera. Selamat Mencoba..

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Sambal Pecel Lele Pedas Nikmat"

Post a Comment