Resep Membuat Telur Balado Nikmat Pedasnya

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Resep Telur Balado
Resep Membuat Telur Balado Nikmat Pedasnya
Resep Telur Balado - Mendengar nama telur mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar karena telur ini hampir ada dan selalu hadir di setiap sajian masakan. Resep telur balado adalah salah satu masakan nusantara khas padang dengan campuran bumbu balado didalam olahanya. Olahan masakan ini memiliki cita rasa pedas, enak dan lezat. Tidak hanya itu, pemakaian telur didalam olahan masakan ini juga memberi nilai gizi yang baik untuk kesehatan. 

Mengolah masakan yang lezat dan bergizi seperti masakan telur balado ini tidak lah dan pastinya menyenangkan. Bahan-bahan yang diperlukan juga tidak terlalu banyak dan tentunya  mudah untuk diperoleh di pasar ataupun warung di sekitar rumah bunda. Biasanya untuk membuat Telur Balado ini menggunakan telur ayam yang sudah direbus sebelumnya, tetapi bunda bisa menggantinya dengan telur dadar yang digoreng atau bisa juga menggunakan telur puyuh. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat telur balado dan bahan bahan yang diperlukan di bawah ini.

Bahan Utama:
  • ½ kilo gram telur ayam

Bumbu Halus : 
  • 4 hingga 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 buah tomat matang
  • ± 100 gram cabe merah besar atau sesuai selera
  • seruas ibu jari jahe
  • 1 bungkus penyedap rasa ayam atau sesuai selera

Cara Membuat Telur Balado :
  1. Rebus semua telur hingga matang, kemudian kupas semua.
  2. Selanjutnya goreng telur dengan minyak panas. Saat telur digoreng biasanya akan ada sedikit ledakan ledakan kecil. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya bunda iris iris kecil telur sebelum digoreng. Goreng semua telur hingga selesai.
  3. Sementara itu bunda dapat menghaluskan bumbu ( bawang putih + bawang merah+ cabe merah besar ) dengan cara di uleg.
  4. Tomat dapat dipotong potong kecil atau jadi 8 potongan kecil. Sementara jahe cukup dimemarkan saja.
  5. Tumis bumbu halus dengan 3 hingga 4 sendok makan minyak sayur. Masukkan juga jahe yang sudah dimemarkan dan tomat yang telah di potong potong.
  6. Masukkan juga 1 bungkus royco, garam secukupnya, dan sedikit gula pasir sebagai pelengkap cita rasa.
  7. Aduk aduk hingga tercium bau harum dan ada baiknya bunda cicipi sehingga sesuai dengan selera. Tambahkan garam jika diperlukan.
  8. Kemudian masukkan telur semua dan aduk aduk hingga semua telur bercampur dengan bumbu meresap.
  9. Masakan telur balado siap dihidangkan.

Salah satu tips yang bisa bunda gunakan jika ingin menyajikan masakan ini bagi anak-anak adalah; buang biji dari cabai merah besar. Selain itu bunda bisa menambahkan tomat untuk mengurangi rasa pedasnya. Hasilnya penampilan masakan bunda akan tetap merah mengundang selera, namun tidak terlalu pedas.

Selesai sudah cara membuat Telur Balado. Ternyata cukup mudah bukan. Bahan bahan yang diperlukan untuk membuat resep telur balado ini juga sederhana dan mudah  didapat di sekitar rumah. Selamat mencoba dan share juga resep masakan telur ini ke teman atau saudara yang lain ya.

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Resep Membuat Telur Balado Nikmat Pedasnya"

Post a Comment